Berita Terkini

SDN 1 Rate – Rate Ikuti Seleksi 3 Besar Ditingkat Nasional Sebagai Pangan Jajanan Anak Sekolah

Koltim, PN – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Rate – rate Kecamatan Tirawuta Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Masuk 8 Besar di tingkat Nasional sebagai pangan jajanan anak sekolah dan baru – baru ini mengikuti seleksi untuk keluar sebagai 3 besar secara via Zoom.

Kepala Sekolah SDN 1 Rate – rate Nining Asni,S.Pd., M.Pd Mengatakan, pihaknya sangat merasa bangga dengan prestasi yang diperoleh berkat kerja sama dari semua pihak sehingga SDN 1 Rate – rate bisa menjadi 8 besar tingkat Nasional dan sudah mengikuti seleksi untuk keluar sebagai 3 besar.

“Baru – baru ini saya sudah ikuti seleksinya dengan sistem daring via Zoom yang dinilai dari empat menteri yakni dari Kemendikbudristek, kementrian Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, Menteri Kesehatan dan Kepala Balai POM pusat,” Ungkapnya.

Pihaknya juga menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjaga kesehatan anak dengan makanan yang ada dilingkungan sekolah agar makanan yang disajikan anak sekolah itu terbebas dari bahan – bahan kimia yang bisa merusak kesehatan anak didik.

“Jadi kita disini sudah buat duta keamanan pangan yang telah di SKkan oleh pihak sekolah yang dilibatkan oleh siswa dan para guru yang akan memonitoring di setiap minggunya jajanan makanan yang ada di sekolah,”Ujarnya.

Jadi yang di monitoring itu kata dia, berdasarkan dari balai POM yang telah disosialisasikan sebelumnya untuk makanan jajan yang mengandung seperti boraks, formalin, manis yang berlebihan dan mengandung bahan pewarna tekstil,”Jelasnya.

“Sebelumnya juga kita sudah sosialisasikan kepihak kantin yang ada disekolah jika ada temuan bahan makanan yang kita monitoring setiap minggunya kita akan tarik karena sudak kita sepakati aturan yang telah ditetapkan oleh balai POM,”Tandasnya.

Pihaknya juga berharap agar Pemerintah Pusat, Provinsi dan Daerah agar bersinergi agar program ini dapat berkesinambungan bukan hanya sekolah yang memahami tentang pangan jajanan anak sekolah saja, tapi lebih baik lagi jika disosialisasikan oleh seluruh sekolah agar dapat paham tentang pangan jajanan anak sekolah.

“Jadi kalau sudah disosialisasikan di sekolah yang paling penting juga untuk para orang tua karena yang paling utama adalah pendidikan kesehatan dilingkungan keluarga, karena biar kami disiplin disekolah kalau dirumah tidak dipahami, olehnya itu kita harus adakan sosialisasi kepada orang tua agar mengetahui makanan mana yang baik untuk jajanan anak kita,”Ucapnya.(pn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *