Berita Terkini

SDN 3 Wiwirano Kolaborasi Dengan Mahasiswa Kampus Mengajar Tingkatkan Literasi Anak

Konut, Primanusantaranews.com – SDN 3 Wiwirano Kecamatan Wiwirano Kabupaten Konawe Utara (Konut) telah kedatangan mahasiswa – mahasiswi dari universitas UHO dan Muhammadiyah Kendari yang memiliki program kampus mengajar.

Kepala sekolah SDN 3 Wiwirano Ardiansa, S.Pd mengatakan bahwa sebelumnya pihak kampus telah menginformasikan di bulan Juli lalu bahwa ada mahasiswa yang akan hadir di sekolah SDN 3 Wiwirano sekitar 5 mahasiswa yang tergabung dari dua universitas yakni universitas UHO dan Muhammadiyah Kendari yang membawa program kampus mengajar dari kementrian.

“Alhamdulillah untuk kabupaten Konut hanya dua sekolah yang di tempatkan mahasiswa tersebut yakni sekolah kami SDN 3 Wiwirano dan SMPN 1 Lasolo dan program kampus mengajar ini adalah merupakan program pusat yang sudah angkatan keenam,”Ucap Kepala Sekolah, Minggu (19/11/2023).

Lanjutnya, Mahasiswa ini juga akan berada di sekolah SDN 3 Wiwirano selama 4 bulan sejak mulai tanggal 14 Agustus dan akan penarikan pada tanggal 5 Desember 2023.

 “Tugas utama mereka untuk kesekolah adalah untuk meningkatkan pemahaman mengenai literasi, numerasi dan adaptasi tekhnologi yang menjadi program unggulan dalam kampus mengajar angkatan ke enam dan ini berdasarkan asesmen Nasional yang telah kita lakukan karena memang bahwa hasil asesmen kita ditahun 2022 aga rendah maka dari itu dengan adanya program kampus mengajar ini dapat meningkatkan literasi dan numerasi dari anak siswa kami,”Ujarnya.

Selain peningkatan literasi kepada anak SD, Mahasiswa juga memberikan kreasi sekolah dengan membangun tangga numerasi dengan memberikan kesan mewah dan tulisan kepada setiap anak tangga.

“Saya juga tidak habis pikir bahwa sudah kurang lebih dua tahun saya disini tidak pernah berpikir untuk membuat kreasi tangga seperti ini dapat menjadi bahan literasi yang bermanfaat bagi anak siswa, jadi tidak hanya sekedar menjadi akses jalan saja tapi bahan literasi anak siswa,”Ucap Kepala sekolah.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa masiswa meminta ruangan Perpustakaan dan SDN 3 Wiwirano belum memilik pasilitas bangunan tersebut tapi karena kerja sama yang baik antar sekolah hingga pasilitas yang di manfaatkan untuk di jadikan perpustakaan.

“Alhamdulillah juga dengan adanya ruangan penampungan buku dengan adanya mahasiswa ini ruangan ini telah menjadi tempat literasi anak walaupun pasilitasnya kurang seperti kursi dan meja tapi walaupun dengan lesehan  sudah sangat membuat siswa  kita merasa senang dengan membaca,”Tandasnya.

Pihak mahasiswa juga membuat pameran yaitu festival hasil karya seni yang di buat oleh pihak anak siswa dan saksikan langsung oleh pihak dinas Pendidikan.

“Dan hasil dari karya seni mreka ini akan dipajang di kelas masing – masing, Ungkapnya.

Mereka juga membuat pojok membaca disetiap kelas karena ini juga merupakan tuntutan kurikulum merdeka dan juga membuat majalah dinding disetiap kelas untuk menjadikan hasil karya siswa dapat nantinya di simpan di Mading tersebut.

“Dengan adanya program ini juga Korwas sangat mengapresiasi tindakan nyata dari mahasiswa tersebut,”Ucapnya.

Kepala sekolah yang juga sebagai orang tua mahasiswa yang telah menjalani program pendidikan didalam setiap program yang dijalankan selalu mengingatkan bahwa jangan selalu berpuas diri apa yang telah dilakukan hari ini karena yakin dan percaya bahwa mereka ini kalau istilahnya zaman Z atau 4.0  harus tetap mengembangkan terus pengetahuannya Jangan berpuas diri dan terus menggali potensi yang ada.

“Saya juga selalu berpesan kepada mereka walaupun ini hanya candaan saya, kejar dulu baju almamatermu sebelum kalian kejar baju pengantinmu karena mahasiswa yang bertugas disini adalah seluruhnya wanita,”Pesanya.

Untuk diketahui, Nama Mahasiswa – mahasiswi yang mengikuti program Kampus Mengajar di SDN 3 Wiwirano dan Dosen Pembimbing Lapangan :

1. Ningtias Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Kendari

2. Tri Handayani Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Halu Oleo

3. Elsa jurusan pendidikan bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Kendari

4. Vivin Arviani Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Kendari

5. Yulia Wirastin jurusan pendidikan bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Kendari

Putu Eka Meiyana Erawan, S.Km., M.P.H. Dosen Pembimbing Lapangan. (Pn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *