Berita Utama

Pemdes Tongandiu Salurkan Bantuan BLT  Kepada 46 KPM dan Honor Para Kader

Koltim, PN – Pemerintah Desa (Pemdes) Tongandiu menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 46 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan sekaligus gaji para Kader Desa, Tepatnya di Aula Kantor Desa Tongandiu Kecamatan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur, Selasa (21/3/2023).

“Jadi untuk ditahap awal tahun 2023, penggunaan Dana Desa ini kita menyalurkan bantuan BLT kepada masyarakat dan honor para kader Desa,”Ungkap Kepala Desa Tongandiu Basran, A.Md.

Pihaknya juga mengatakan bahwa bantuan BLT ini pihaknya dari Pemerintah Desa memaksimalkan untuk bantuan BLT ini sampai 25 persen dengan jumlah 46 KPM dari jumlah penduduk.

“Sebenarnya aturan itu minimal 10 persen dan maksimal 25 persen tapi kebijakan yang kita ambil itu 25 persen karena melihat kondisi inflasi yang terjadi bisa kita lihat dengan kondisi harga sembako dipasaran sudah naik apa lagi harga beras. Maka dari itu kita maksimalkan 25 persen dan tahun ini penerima BLT kita ini bertambah kalu untuk tahun 2022 hanya 24 KPM saja,” Ucapnya.

Dengan adanya bantuan ini kata dia, dapat meringankan untuk kebutuhan sehari – hari apa lagi mengingat bahwa bulan suci ramadhan sudah tidak lama lagi jadi uang yang pihaknya salurkan dapat terguna dengan baik.

“Dan untuk pembagian BLT ini sekitar 3 bulan mulai dari bulan Januari sampai Maret dengan nilai per orang itu 900 ribu rupiah untuk total keseluruhan sekitar 41.400.000,”Jelasnya.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa untuk ditahap Awal penggunaan dana desa ini yang untuk bergerak di bidang fisik yakni ada deker sekitar 3 unit dan bantuan rumah sekitar 7 orang.

“Kita targetkan agar pengerjaan fisik ini dapat cepat terselesaikan agar masyarakat desa Tongandiu cepat dapat merasakan dari anggaran Dana Desa ini, dan untuk bantuan rumah warga sesuai aturan kemendes itu maksimal sekitar 10 juta beda dengan aturan tahun sebelumnya kita selesaikan sampai selesai satu unit rumah,”Tandasnya.(Ys)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *