Berita Utama

Jelang Pilkades Serentak, Pemda Koltim Gelar Sosialisasi

Koltim, PN – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Gelar sosialisasi pemilihan Kepala Desa serentak 83 Desa Se Kabupaten Koltim, dilaksanakan di Aula Pemda, Rabu (31/8/2022).

Hadir di kegiatan Sosialisasi Pilkades ini, Sekda Koltim, Ketua DPRD, Kapolres Kolaka, mewakili Kajari Kolaka, Perwakilan Dandim Kolaka serta Ketua TP PKK Kabupaten, para asisten dan staf ahli, para OPD, Para Camat dan seluruh kades dan BPD.

Dalam sambutanya PLT. Bupati Koltim Abdul Azis, SH menyampiakan bahwa kegiatan sosialisasi Pilkades ini merupakan ajang siraturahmi dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan dalam membangun Kabupaten Kolaka Timur.

“Saya berharap kepada BPD harus memastikan tahapan – tahapan Pilkades ditahun 2022 dengan baik,” Ungkapnya.

Pihaknya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat dapat mengawasi pilkades secara serentak mulai dari tahapan hingga akhir dan kepada Camat diharapkan lakukan konsolidasi untuk memfasilitasi pembentukan panitia Pilkades di wilayahnya masing – masing, hal ini dilakukan agar proses demokrasi ini dapat berjalan lancar.

“mari bekerja secara kooperatif sehingga kita mampu menyukseskan Pilkades secara serentak, kami Pemda maupun TNI/Polri siap menyukseskan Pilkades ditahun 2022,”Tandasnya.

Plt. Kadis DPMD Koltim Irwan Kara, S.Sos dalam laporanya menyampaiakn dasar hukum pelaksanaan kegiatan ini adalah undang -undang nomor 6 tentang Desa, dan juga di dasar perda dan perbup Kabupaten Koltim.

“Pergelaran demokrasi Pilkades serentak 2022 ini anggaranya dibebankan pada APBD tahun 2022, kemudian tahapan pilkades mulai juli hingga september dan puncak pemilihan di bulan desember 2022,” Ungkapnya.

Pihaknya juga berharap dukungan dari Bupati dalam hal ini pemda agar pelaksanan pilkades ini dapat berjalan lancar.(pn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *