Berita Utama

Berikan Arahan Pengelolaan Dana Desa, Pemda Koltim Dan Kejaksaan Gelar Sarasehan

Koltim, PN – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur Gelar Sarasehan Bersama Kejaksaan Negeri Kolaka dengan unsur Kepala Desa Sekecamatan Dangia yang laksanakan di Desa Lembah Subur, Sabtu, (31/7).

Dalam sambutanya Ibu Bupati Kolaka Timur Hj. Andi Merya Nur mengatakan, dengan dilaksanakannya kegiatan ini agar para Kepala Desa di berikan Arahan atau pemahaman tentang pengelolaan Dana Desa Agar dalam pelaksanaanya dapat tepat sasaran kepada masyarakat.

“Karena Dana Desa ini biasa atau sering bermasalah olehnya itu kami meminta kesediaan waktunya Bapak Kajari beserta jajarannya untuk memberikan arahan kepada kepala Desa Karena disini pemerintahan Desa bukan hanya kepala Desa tapi ada Sekertaris Desa dan Bendahara,” Ungkap Ibu Bupati.

Ibu Bupati juga Mengingatkan bahwa dalam penggunaan dana desa itu bukan hanya Menggunakan satu tangan tapi semua ikut bertanggung jawab dalam penggunaan Dana Desa.

“Dana Desa yang di berikan dan di percayakan kepada para kepala desa tidak serta merta harus dianggarkan tetapi sesuai dengan peruntukannya, mau anggarkan apapun didalam Desa itu, tetapi kalau sesuai dengan peruntukannya tidak jadi masalah,” Ucapnya.

Ini yang biasa menjadi pertanyaan kata dia, Para Kepala Desa karena biasa diperiksa keuangan atau di pensus oleh insfektorat dan juga di periksa oleh Kejaksaan bahwa ini semua bukan untuk mencari kesalahan.

“Tetapi untuk mempertanyakan karena yang pertama mungkin ada keluhan masyarakat yang kedua mungkin ada dari Insperktorat yang tidak tepat dengan sasaran pembiayaan tentang pengelolaan dana tersebut sehingga di periksa,” Tandasnya.

Di tempat yang sama Kajari Kolaka Indawan Kuswandi, SH MH mengatakan, melalui kesempatan ini pihaknya menyampaikan kepada para Kepala Desa agar dalam penggunaan Dana Desa itu bisa di gunakan sesuai regulasi dan tepat sasaran.

“karena saya sangat sedih dengan Kepala Desa yang terseret dengan hukum karena memang ada beberapa oknum Kepala Desa yang memanfaatkan khususnya Dana Desa untuk keperluan pribadi,” Kesalnya.

“pada kesempatan ini saya hanya ingin menyampaikan kepada bapak – bapak khususnya Kepala Desa selama saya menjabat disini marilah kita sama-sama membangun suatu sinegritas kerja sama, jangan sungkan jangan ragu-ragu dengan kejaksaan,” Ungkapnya.

Dalam Pelaksaam kegiatan tersebut Tetap memperhatikan Protokol Kesehatan yang ketat.

(PN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *