Berita TerkiniKolaka Timur

Percetakan Sawah Di Aladadio Koltim sangat Di Rasakan Manfaatnya Oleh Petani

Koltim, PN – Menurunya produktivitas Kakao selama ini selain karena hama PPK sebagian petani Kakao beralih fungsi menjadi petani sawah, dengan cara kebun Kakao diubah menjadi lahan persawahan melalui percetakan sawah.

Selain itu lahan – lahan tidur warga yang belum dimamfaatkan dijadikan lahan sawah. Hal inilah yang dilakukan Pemerintah Desa Aladadio Kecamatan Aere Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Sebagaimana penuturan Kepala Desa (Kades) Aladadio Suleman bahwa untuk 2021 sebanyak 17 Ha lahan percetakan sawah diwilayahnya, “percetakan sawah ini sumber anggaranya dari Dana Desa (DD) 2021 yang pekerjaanya dimulai maret dengan anggaran 291 juta,” Ungkapnya saat ditemui dikantornya, kamis (22/07).

Dikatakanya, sawah yang sudah dicetak tersebut sudah dimamfaatkan sekarang, sudah ditanami dan sudah mulai dipanen hasil sawahnya.

“harapan saya bahwa di 2022 kami akan menganggarkan lagi saluran irigasinya sehingga air yang masuk sawah akan lebih lancar, selain itu kami bentuk kelompok tani sawah sehingga pada cocok tanam berikutnya bisa bersamaan,” Terangnya.

Salah seorang petani sawah hasil percetakan menuturkan, karena ini baru di mulai tanam tentu hasilnya belum maksimal, itu sudah umum kalau sawah baru jadi, tapi paling tidak sudah membantu kebutuhan pokok warga dari sektor tanaman padi sawah.

“dan kami yakin pada tanam – tanam berikutnya tentu hasilnya akan lebih besar,” Ujarnya.

(PN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *