Berita TerkiniKonaawe Selatan

Bupati dan Wabup Konsel Shalat Idul Adha di Andoolo, Pemda Kurban 22 Ekor Sapi, Bupati Sumbang 4 Sapi

Koltim, PN – Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga ST MM, Wakil Bupati Rasyid S.Sos M.Si dan Sekretaris Daerah Ir Drs H Sjarif Sajang M.Si melaksanakan Shalat Idul Adha 1442 H/2021 M di Masjid Raya Andoolo, Selasa (20/7).

Bertindak sebagai Imam Shalat, Ustadz Hasanuddin, S.Pdi dengan Khatib, yakni Pimpinan Ponpes Nadhatul Wathan Konsel Ustadz Jamhuri Karim, S.Sos I

Pelaksanaan Shalat Ied Kurban yang juga dihadiri Kepala Kemenag Konsel Joko dan keluarga besar Bupati, Wabup dan Sekda ini berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Dimana seluruh jamaah memakai masker dengan pengaturan jarak shaf.

Kendati berlangsung sederhana dan terbatas, Shalat berjamaah berjalan aman dan lancar. Tampak dilokasi Masjid panitia menyiapkan masker, sabun dan tempat cuci tangan.

Bupati Konsel Surunuddin Dangga dalam sambutannya menyampaikan bahwa pandemi covid-19 belum menunjukkan tanda tanda akan berakhir, hal ini dibuktikan meningkatnya kembali sejumlah kasus positif dibeberapa daerah.

Olehnya itu ia meminta dukungan seluruh elemen masyarakat agar tetap menerapkan prokes ketat dengan disiplin mengikuti anjuran pemerintah seperti menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan (5 M).

Kata Ia, semua dilaksanakan demi pencegahan dan memutus mata rantai penyebarab wabah yang telah merenggut puluhan jiwa di Konawe Selatan itu.

“Mari bersama kita cegah dan lawan pandemi covid -19 dengan disiplin taat aturan. Terlebih wabah corona ini telah berdampak pada sejumlah sektor, baik sosial maupun ekonomi,” imbuh mantan Ketua DPRD Konsel ini.

Sementara ditemui usai shalat Ied, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sektretariat Daerah Konsel, Hamlin S Ode Maka, S.Pd mengatakan lebaran tahun 2021 ini Pemerintah Daerah kurbankan 22 ekor sapi dan 1 (satu) ekor kambing, pribadi Bupati sumbang 4 ekor sapi.

Hamlin juga mengatakan sesuai data sementara yang masuk melalui panitia qurban dari 5 (lima) Kecamatan. Jumlah hewan kurban untuk Kecamatan Laeya yakni 85 sapi 11 kambing, Tinanggea 71 sapi 3 kambing, Angata 33 sapi, Baito 17 sapi 1 kambing dan Kecamatan Lainea 15 sapi 2 kambing.

Dikatakannya, jumlah kurban akan terus bertambah, ia juga menyebut, kesehatan seluruh hewan kurban tersebut telah diperiksa oleh dokter hewan dan dinyatakan sehat dan tidak menunjukkan adanya penyakit hewan menular strategis (PHMS).

Selain itu, terang Hamlin, penyembelihannya sesuai instruksi Bupati Konsel tentang tata cara pemotongan hewan kurban ditengah pandemi, yang hanya dihadiri panitia.”Dan demi menghindari kerumunan massa sesuai protokol, sistem pendistribusiannya akan dibagikan oleh panitia kurban pada setiap kecamatan ke rumah masing – masing warga yang berhak,” pungkas Ia.

(PN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *