Berita TerkiniBerita Utama

Progres Penimbunan Bandara di Kolut Capai 90 Persen

LASUSUA, PN – Saat ini, Penimbunan dan pekerjaan Talut diwilayah pesisir pantai sepanjang 2 kilometer untuk pembangunan Bandar Udara (Bandara) di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Sulawesi Tenggara (Sultra) berlokasi di Desa Lametuna dan Desa Kalu- kaluku Kecamatan Kodeoha, telah mencapai 90 persen.

Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Kolut, Ir Junus saat di temui di ruang kerjanya mengungkapkan bahwa, progres pembangunan bandara yang difokuskan penimbunan dan Pembuatan talub mengunakan gorong – gorong cor plat serta pemancangan turab beton untuk penahan ombak di bibir pantai sepajang 2000 meter tersebut sudah mendekati tahap akhir.

“Dari laporan pihak kontraktor kepada saya dibulan lalu, pekerjaan talub sudah mencapai 50 persen, tetapi pekerjaan penimbunan lokasi hingga hari ini, sudah mencapai 90 persen,‚ÄĚkata Junus Kepada media Prima Nusantara.

Lebih lanjut Mantan Asisten ll ini juga mengakui, meskipun saat ini, pemancangan turab beton di bibir pantai belum dilakukan, namun proses alat sudah di perjalanan sehingga, presentase volume yang terbesar itu ada dalam harga pemancangan.

“Pancang itu sudah datang dan dilakukan pekerjaan kemungkinan, volume pekerjaan talub bisa mencapai 70 hingga 90 persen,”ungkapnya.

Sementara ditempat berbeda, pelaksana proyek PT. Monodon Pilar Nusantara, Agusalim Dini,SE mengatakan jika, diakhir pebruari efekfipnya pekerjaan sehingga pihaknya siang dan malam menggenjot progres awal yaitu pengumpasan yang sudah lewat. kedua, tahap penimbunan serta pekerjaan tanggul penahan ombak.

“Alhamdulillah hari ini, pekerjaan penimbunan wilayah pantai sudah masuk 90 persen,sementara pekerjaan tanggul sudah diatas 50 persen, karena di sisi kanan sudah rampung,” ujar Agusalim.

Dikatakan Agusalim Dini bahwa, sisa pekerjaan yang akan digenjot adalah pemasangan turab. dimana, alat pemancangan dari makassar mengunakan kapal tongkang tersebut, masih dalam perjalanan menuju ke kolut dan diperkirakan tiba tanggal 12 dibulan ini.

“Tidak ada kendala, Pekerjaan pemasangan turap sekitar satu bulan setengah, kalau sudah terpasang, pekerjaan akan masuk di posisi 90 persen,” pungkasnya.

(Br)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *