Berita TerkiniKolaka Timur

Pemda Koltim Gelar Sosialisasi dan Pengumpulan Data Akhir Pengutamaan Bahasa Negara

KOLTIM, Prima Nusantara – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Koltim gelar acara sosialisasi dan pengumpulan data akhir program Pengutamaan Bahasa Negara Tahun 2024.

Acara ini berlangsung di Aula Kantor Bupati Koltim, Selasa (28/5/2024), di pimpin Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa, S.STP., M.Si. dan Hadir Kepala Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara Dr. Uniawati M.Hum. 

Dalam sambutannya, sekda menekankan pentingnya penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam berbagai aspek kehidupan. 

“Dimana pengutamaan bahasa negara adalah upaya kita untuk memperkuat identitas nasional dan mempersatukan seluruh elemen masyarakat. Bahasa Indonesia harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri,”Ungkap Sekda.

Kata dia, Salah satu fokus utama adalah peningkatan kualitas pengajaran bahasa Indonesia di sekolah-sekolah serta pemakaian bahasa Indonesia yang benar dalam administrasi pemerintahan dan komunikasi publik.

“Kita harus memastikan bahwa bahasa Indonesia di gunakan secara aktif dan di hargai oleh semua lapisan masyarakat, terutama oleh generasi muda. Ini adalah tanggung jawab kita bersama,” katanya. 

Sedang Dr. Uniawati mengatakan pihaknya menggelar sosialisasi di Koltim, untuk mengambil penggunaan bahasa di ruang publik dan langsung di foto contohnya, papan nama, pelayanan umum, tulisan toilet, masjid, dan lain-lain, itu langsung di ambil oleh tim lalu terkait dokumen lembaga itu di minta langsung ke bagian persuratan untuk sebagai contoh untuk kami analisis untuk menjadi acuan data. 

Nantinya kata dia, akan ada perbandingan dari data awal dan data akhir apakah ada progres yang signifikan dari penggunaan pengutamaan bahasa negara itu. 

Selanjutnya akan ada kajiannya atau analisis kita lihat ada beberapa persen perubahan nya menjadi lebih baik, itu akan di paparkan setiap tahunnya, dan pada tahap akhir nya nanti akan ada aplikasi baik dari lembaga di anggap paling baik dalam hal pengutamaan penggunaan bahasa negara. 

“Dengan harapan kami melakukan pembinaan kebahasaan sekretariat itu akan di ikuti dengan adanya kebijakan terhadap OPD OPD yang di bawah untuk bergerak bersama sama terkait pengutamaan bahasa negara,” Tambah Uniawati. (Pn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *