Berita Utama

Perusahaan Dataran Hijau Terus Kembangkan Tanaman Kopi di Koltim

Koltim, PN – Perusahan Dataran Hijau yang bergerak dibidang pengadaan bibit kopi Robusta dan Arabika yang membuka cabang Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mengembangkan tanaman kopinya di Koltim.

Hal ini terlihat kerjasama dengan beberapa Desa untuk pengadaan bibit kopi dalam rangka pengebangan kopi di Koltim, “koltim ini wilayahnya besar, potensi perkembangan perkebunan juga sangat besar, ini kesempatan besar bagi petani untuk mengembangkan tanaman kopi,” kata Sukri salah satu pengembang kopi di perusahaan Dataran Hijau.

Masih kata Dia, permintaan kopi dunia saat ini sangat tinggi olehnya itu di Sultra dan khususnya Koltim berpotensi menjadi pemasok biji kopi di Indonesia, pihaknya sudah melakukan kerjasama di beberapa desa di Koltim terkait pengadaan bibit kopi.

“Yang jelas bibit kopi yang kami berikan adalah bibit yang sudah di sertifikasi dan persolan dokumen sangat lengkap dan satu satunya di Sultra, bibit kopi dari Dataran Hijau itu permintaanya hingga ke Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat,” Tuturnya.

Pertanyaanya sekarang petani adalah bagaimana dengan pemasaranya, Sukri kembali menjelaskan bahwa,”kami pihak dataran hijau akan membeli hasil kopi dari petani asalakan bibit yang di tanam sebelumnya berasal dari kami, ini karena pertimbangan mutu bibit kopi yang sudah kami lakukan sejak pembibitan,” Terangnya.

“saat ini hampir semua Desa Koltim sudah merata menanam kopi, dan jenis yang di tanam adalah Robusta dan sebagian Arabika, kalau Arabika ini cocoknya di wilayah ketinggian,” pungkasnya.

(PN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *